Cari di Blog Ini

Tuesday, October 13, 2009

motif batik cigugur





by.j_nurjaman Xll Is3
KRISTIANTO PURNOMO
PENJAGA stan pameran batik Paseban Cigugur, mempraktekkan cara membatik di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (14/12). Pola batik aplikasi teratai menjadi salah satu pola batik khas Cigugur, Kuningan, Jawa Barat.




BERITA FOTO: Kearifan Lokal dari Batik Cigugur


BATIK Paseban Cigugur, baru satu setengah tahun dikembangkan. Lahirnya batik ini diprakarsai oleh Pangeran Djatikusumah sebagai cucu keturunan ketiga dari Pangeran Madrais dari Cigugur, Jawa Barat.

Motif batik Cigugur dikembangkan oleh Pangeran Djatikusumah sejak enam tahun yang lalu. Dia memasukkan unsur relief yang ada di Gedung Paseban Tri Panca Tunggal Cigugur, ke dalam motif-motif batik yang unik dan menarik.

Menurut Tati Djatikusumah, putri Pangeran Djatikusumah, ayahnya sudah mengembangkan sekitar 250 macam motif batik yang akan dikeluarkan secara bertahap. "Batik menjadi alat untuk mengangkat nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Cigugur", ujarnya. Lewat batik Cigugur, kesadaran untuk menggali sejarah bangsa dan kesadaran manusia lewat berkarya tetap di lestarikan.

Sejumlah batik unik lengkap dengan citarasa kearifan lokal tersebut diperlihatkan dalam Pameran Batik Paseban Cigugur di Main Tower Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Jumat (14/12)

1 comment:

Untuk menempelkan Avatar ketik :a: atau :b: dst sampai :f: atau lihat disamping gambar.

Berilah komentar yang positif demi meningkatkan kreatifitas siswa / anak bangsa.